Dosen FIA Unisma Dr. Siti Saroh, M.Si dan Eny Widayawati, S.AB., M.AB Melakukan Pendampingan Industri Rumah Tangga

Pengetahuan mengenai penjualan produk kue lebaran bagi industry mikro rumahan sangat penting apalagi pada saat dihadapkan permasalahan persaingan yang sangat ketat. Misalnya bisnis musiman (seasonal) dalam memperingati hari-hari besar biasanya tumbuh menjamur dengan berbagai ragam produk yang ditawarkan. Mari kita lihat momen Hari lebaran Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi sebagian industri kue rumahan karena kue kering bagi kebayakan masyarakat dianggap sebagai pelengkap dalam menyambut hari lebaran untuk menjamu tamu yang bersilaturahmi. Peristiwa tahunan ini memicu geliat industri rumahan yaitu memproduksi kue lebaran baik melayani pasar maupun melayani orderan.

 

Industri rumahan kue special hari lebaran di Karang Tengah Karangwidoro Kecamatan Dau Kabupaten Malang mulai memproduksi kue kering sekitar tahun 2013 dengan memperkenalkan produksi kue ke para tetangga, satu persatu mulai ada pemesan. Kebutuhan kue kering dari tetangga menjadi berkah sendiri setiap tahunnya bagi industri rumahan ini. Sehingga tahun 2017 mencoba memanfaatkan teknologi handphone melalui aplikasi sms untuk memperluas pasar dengan memperkenalkan kue kering buatannya kepada teman-temannya.

 

Menjelang lebaran tahun 2023 ini, industri kue rumahan menghadapi persaingan yang tajam. Melihat permasalahan persaingan maka kami dari dosen Fakultas Ilmu Administrasi UNISMA ( ibu Siti Saroh dan ibu Eny Widayawati) melakukan pengabdian masyarakat melalui sharing dengan industri rumahan kue kering di dusun Karang Tengah tentang mebangun jejaring Whatsapp group untuk meningkatkan jumlah pesanan kue lebaran di tahun 2023. Didalam kegiatan sharing yang kami lakukan tanggal 7 Maret atau 15 hari sebelum bulan puasa, salah satu peserta menyampaikan bahwa disekitar Karangwidoro terdapat beberapa pabrik dan beberapa pekerjanya ada yang indekost di dusun Karang Tengah, dari informasi itulah kita membantu melakukan pengembangan perluasan pasar dengan mempromosikan kue kering lebaran melalui whatshapp group yang dimiliki karyawan pabrik. Hasilnya pemesan kue meningkat terutama bagi pemesan baru dari luar wilayah  kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Bagikan ke :