SEKOLAH LEGISLATIF DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA (DPM) FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNISMA

KHOIRON, S.AP., M.IP

 

Pada hari Rabu, tanggal 2 Desember 2020, DPM FIA UNISMA mengadakan acara Sekolah Legislatif secara online. Acara ini di buka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Ibu Dr. Rini Rahayu Kurniati, M.Si di dampingi oleh Wakil Dekan dan sebagai narasumber adalah; Bapak H. Anang Akhmad Syaifuddin sekarang menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lumajang dan Bapak Khoiron, S.AP., M.IP Dosen FIA Unisma ahli politik dan tata negara.
Acara sekolah legislatif yang di adakan DPM FIA ini berjalan dengan lancar dan antusias dari Narasumber dan Peserta sekolah legislatif, hal ini terlihat dari banyak nya pertanyaan – pertanyaan yang di sampaikan sangat relefan dan update. Terdapat beberapa kesamaan antara dunia Kampus dengan mengelola negara. Kampus sering digambarkan sebagai miniatur sebuah negara, dimana di dalam kampus ditemukan persamaan-persamaan yang akan dijumpai dalam kehidupan bernegara. Misalnya dalam lingkup organisasi kemahasiwaan banyak kampus di Indonesia yang menganut sistem trias politika diamana akan dijumpai jajaran eksekutif hingga legislatif.
Lembaga legislatif lingkup organisasi kemahasiawaan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Islam Malang (UNISMA), atau yang biasa dikenal dengan sebutan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FIA UNISMA, berkesempatan menyelenggarakan sekolah legislatif pada Rabu (02/12/2020) dengan tema “Menciptakan Pemuda Legislatif Profesional Di Era Milenial”. Acara ini dilakukan secara daring dengan menggunakan platform media zoom, dikarenakan adanya pandemi covid-19 sehingga harus ada pembatasan ruang sosial untuk membantu memutus matarantai penyebaran covid-19.
Ketua DPRD Kabupaten Lumajang “H. Anang Akhmad Syaifuddin” menjadi salah satu narasumber yang memberikan ilmu pengetahuan dan pengalamannya selaku praktisi politik ditataran legislatif. Kemudian narasumber kedua “Khoiron. S.AP, M.IP” (dosen Ilmu Administrasi Publik FIA UNISMA) juga menjadi narasumber yang memberikan materi secara teoritis tentang pemahaman tugas dan fungsi legislatif.
Acara ini Alhamdulillahberjalan dengan baik meski terjadi beberapa kendala teknis. Acara sekolah legislatif ini setidaknya dihadiri oleh 100 peserta lebih, mulai mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi sendiri hingga tamu undangan dari Fakultas-fakultas yang ada di Universitas Islam Malang.

Bagikan ke :
Default image
Dr. Afifudin, S.Ag.,M.Si
Articles: 44