Hebat, Mahasiswa Unisma Lolos Seleksi Program Kelas Politik Cerdas KPK

Universitas Islam Malang (Unisma) patut berbangga sebab salah satu mahasiswa ya lolos seleksi dalam Program Kelas Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Tingkat Madya Provinsi Jawa Timur Tahun 2017.
Seleksi yang digelar di pada 02-06 Oktober 2017 di Badan Diklat Provinsi Jawa Timur itu membawa A. Faruuq mahasiswa baru Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Islam Malang (UNISMA) lolos seleksi.

PCB Madya Tahun 2017 adalah sebuah Program Dukungan Pembangunan Integritas bagi Masyarakat Politik yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dan Yayasan SATUNAMA.

Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan dalam rangka mewujudkan Masyarakat Politik Cerdas Berintegritas di Indonesia melalui penguatan aktor politik. Selain itu kelas ini merupakan kelas lanjutan bagi para alumni Kelas PCB (Siswa dan Mahasiswa) Tingkat Pratama tahun 2016 yang telah mengikuti seluruh rangkaian kelas dari materi pertama hingga akhir serta lolos seleksi memenuhi kriteria, seperti memiliki minat politik, memiliki komitmen anti korupsi yang dibuktikan dengan aksi nyata pasca Kelas PCB Tingkat Pratama Tahun 2016.
Program ini akan dilaksanakan di 9 (sembilan) lokasi di Indonesia yaitu Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

Dimana setiap provinsi hanya dipilih 15 peserta kelas siswa dan 15 peserta kelas mahasiswa. (sebagaimana dijelaskan dalam Kerangka Acuan Kegiatan Kelas PCB Madya Tahun 2017).
A. Faruuq sebelumnya telah mengikuti Kelas Siswa PCB Pratama di tahun 2016. Pada tahun 2017 ini Faruuq merasa terpanggil lagi untuk mendaftarkan diri di Tingkat Madya dan dinyatakan lolos seleksi sebagai peringkat 2 nilai total 93,5.
Dengan berbagai proses penilaian dan seleksi peserta yang ditentukan dengan metode kuantitatif (pengalaman pelatihan, pengalaman berorganisasi sebelum dan sesudah PCB Pratama 2016), assessment diri (tindak lanjut pasca PCB Pratama 2016 dan minat politik peserta), eligibilitas alumni (tercatat sebagai alumni PCB Pratama 2016) dan ketepatan waktu (diberikan bagi yang mengirimkan berkas pendaftaran tepat waktu pada periode pendaftaran reguler, (05 – 31 Mei 2017).

Terkait terpilihnya dalam Program Kelas PCB ini, Faruuq, Mahasiswa UNISMA semester 1 asal Bojonegoro ini mengungkapkan bahwa semua itu tidak lepas dari keaktifannya berpartisipasi dalam kegiatan, terlibat dalam organisasi, dan telah merintis komunitas.

Lebih jelasnya diantaranya pernah mengikuti Airlangga Leadership Program 2016 di UNAIR, Lesehan Dialektis, dan sebagainya.
Karir organisasinya dimulai dari anggota aktif MPK masa SMP hingga terpilih menjadi Ketua OSIS masa SMP dan SMA, belum selesai masa kepemimpinannya sebagai Ketua OSIS SMA di tahun 2015 terpilih menjadi Ketua Dewan Kerja Ranting Kec. Sekaran Lamongan, terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Santri Alumni SMP U Simanjaya atau bisa disebut IKMAL hingga sekarang. Faruuq juga telah merintis komunitas Generasi Pembelajar 2016 di lingkungan SMA dan Komunitas Pemuda Bojonegoro Berintegritas (KPBB) 2017 di lingkungan tempat tinggalnya.

Selain dari uraian tersebut ada 1 hal lagi bahwa semua itu merupakan karena keberkahan doa kedua orang tuanya dan dukungan serta motivasi dari sanak famili, guru, maupun pihak-pihak lainnya.(*)

Source: https://www.timesindonesia.co.id/read/158249/1/20171008/102549/hebat-mahasiswa-unisma-lolos-seleksi-program-kelas-politik-cerdas-kpk/

Bagikan ke :
Default image
FIA Unisma
Articles: 43