FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS ISLAM MALANG GELAR UJIAN SKRIPSI ONLINE MENGHINDARI COVID 19 - Fakultas Ilmu Administrasi

KATEGORI

ARSIP

Langkah Universitas Islam Malang (UNISMA) atas perkembangan informasi penyebaran COVID-19 tingkat nasional dan surat edaran Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No K 302/E E2/KR/2020 tentang  Penyelenggaraan Program Pendidikan tertanggal 31 Maret 2020, serta hasl rapat pimpinan Universitas Islam Malang pada tanggal 6 April 2020 yang  tertuang pada surat edaran No142/G.22/U.AK/R/K.13/III/2020 anatara lain: kegiatan pembimbingan Tugas Akhir (Skripsi, Tesis dan Disertasi), tetap wajib memfasilitasi pelaksanaannya secara online. Ujian proposal dan ujian akhir untuk skripsi serta tesis dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi sesuai kesepakatan antara mahasiswa dengan dosen pembimbing (bisa menggunakan Zoom, Group Video Call dll). Adapun untuk ujian tertutup dan terbuka disertasi diselenggarakan secara tatap muka bila kondisi telah memungkinkan.

Menindak lanjuti surat edaran Rektor tersebut upaya Dekan Fakultas Ilmu Adminstrasi (FIA) Dr.Rini Rahayu Kurnati,M.Si dalam rangka untuk menghindari COVID-19 ini telah merespon dengan mengeluarkan surat edaran No 046/K.13/U.09/D/K.13/III/2010 untuk seluruh sivitas Fakultas Ilmu Administrasi agar melaksanakan kegiatan akademik mulai perkuliahan, pembimbingan sampai dengan ujian skripsi dilaksanakan secara online. Pada tanggal 16 sampai dengan 21 April 2020 Fakultas Ilmu Administrasi  telah menggelar ujian skripsi secara online. Ujian skripsi di Fakultas Ilmu Administrasi berjalan lancar tidak ada kendala apapun. Pelaksanaan ujian skripsi online ini tidak mengurangi kedisiplinan atas aturan-aturan yang telah di tetapkan oleh fakultas. Dosen pembimbing dan dosen penguji serta mahasiswa telah siap pada jam yang sudah dijadwal oleh fakultas.

Ketika ujian skripsi berlangsung selain disiplin waktu, pihak dosen dan mahasiswa juga disiplin dalam berpakaian. Mahasiswa tetap menggunakan jas almamater dan para dosen pembimbing dan penguji menggunakan pakaian kantor meskipun dilakukan secara online. Memang ditinjau dari sudut kelancaran jaringan, terkadang mahasiswa ada yang berdomisili jauh dari perkotaan sehingga suara terdengar sedikit agak jauh terkadang sedikit putus-putus. Namun hal itu tidak menjadi permasalahan yang krusial karena suara bisa dengar dan masih bisa lanjut berkomunikasi dengan efektif.

Mahasiswa merasa senang atas terselenggaranya ujian skripsi ini karena mereka para mahasiswa merasa dilayani dengan baik, masa studi mereka tidak terhambat meskipun pandemi COVID-19 belum mereda. Para dosenpun juga merasa senang karena dapat melayani denga baik sehingga beban dosen dalam pembimbingan dan menguji dapat terkurangi dan tidak menumpuk.

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia ini jika ditinjau dari kemanfaatan akademik juga banyak menunjukkan hal yang positif pada era industri 4,0. Seluruh kegiatan akademik dilaksanakan secara online. Melalui online memiliki kelebihan lebih cepat dalam berkomunikasi. Jadi dengan menggelar ujian online kita turut mendukung program pemerintah untuk menyelamatkan nyawa diri sendiri dan nyawa orang lain karena COVID-19 ini penyebrannya sangat luar biasa cepat jika kita berdekatan. Oleh karena itu kita saling menjaga dengan self qurantine, self isolation dan social distancing