Workshop Penyusunan RIP, RENSTRA dan RENOP Universitas Islam Malang - Fakultas Ilmu Administrasi

KATEGORI

ARSIP

Gambar 1. Perwakilan Dosen dan Pimpinan Fakultas dalam Workshop Penyusunan RIP, RENOP, dan RENSTRA.

Acara  Workshop Penyusunan RIP, RENOP dan RENSTRA ini diselenggarakan oleh Universitas Islam Malang yang moderatori oleh Dr.H.Ir. Mahayu Woro Lestari, M.P Ketua Penjamin Mutu Universitas Islam Malang pada hari Jum’at dan Sabtu  tanggal 10 dan 11 Januari 2020 dengan nara sumber: Dr.H. As’Aril, M.Ag yang dihadiri oleh perwakilan dari 10 fakultas, Prodi S2, Prodi S3 di Universitas Islam Malang, serta lembaga dan unit di Universitas Islam Malang. Acara ini dibuka oleh Rektor Dr.H.Masykuri, M.Si yang sangat mendukung atas kegiatan ini karena RIP, RENSTRA dan RENOP merupakan jantungnya Perguruan Tinggi.

Kegiatan workshop ini dihadiri pula oleh WR 1, WR 2 dan WR 4 yang juga sangat mendukung kegiatan ini. Sebagai nara sumber Bapak As’aril menjelaskan bahwa didalam penyusunan RIP, RENSTRA dan RENOP ini terdiri dari 6 bidang yaitu:

  1. Bidang Pendidikan
  2. Bidang Penelitian
  3. Bidang Pengabdian Masyarakat
  4. Bidang Kerja Sama
  5. Bidang Tata Kelola
  6. Bidang Pengembangan Lembaga

Gambar 2. Sesi Foto Bersama di Akhir Acara Bersama Jajaran Pimpinan Universitas

Pada masing- masing bidang ini memiliki berbagai program yang akan dilaksanakan, memiliki indikator kinerja/target luaran, sasaran kegiatan serta milestones. Pada bidang masing-masing tentunya mengisi program-program yang sesuai dengan bidang masing-masing. Dapat dicontohkan dibidang Pengabdian Masyarakat memiliki program workshop penyusunan dan pengembangan serta buku pedoman pengelolaan pengabdian masyarakat bagi dosen dan mahasiswa dan lain sebagainya. Suasana pada kegiatan ini sangat menyenangkan karena nara sumbernya humoris dan telaten dalam menjelaskan dan membimbing sehingga para peserta workshop tidak merasa lelah dan mengantuk.

Selama dua hari saya mengikuti workshop tidak merasa lelah dan mengantuk meskipun workshop ini dimulai jam 7.30 sampai dengan jam 17.00. peserta workshop sangat antusias dan kosentarsi pada tugas masing-masing. Karena dalam workshop ini dibentu kelompok dan dibagi menjadi enam kelompok sesuai dengan bidang masing-masing. Setelah seluruh peserta selesai mengerjakan tugas masing-masing kemudian dikompilasikan. Workshop ini berakhir pada hari Sabtu tanggal 11 Januari pada jam 17.00 ditutup oleh Bapak Rektor.